Cara Mempertajam Memori Otak

Artikel mengenai Cara Mempertajam Memori Otak atau bisa juga Cara Menjaga Fungsi Otak
Baca juga artikel sebelumnya : Keuntungan Dan Manfaat Membaca Al-Qur'an

Lansung saja liat/baca artikel Cara Mempertajam Memori Otak

Seiring dengan bertambahnya usia, organ tubuh manusia mengalami "penyusutan". Makan dari itu ada baiknya Anda menjaga kesehatan otak Anda sedini mungkin. Di mana saya yakin, bahwa Anda yang sedang membaca artikel ini kebanyakan berusia kisaran 10 s/d 35 thn (mungkin).

Sangat bagus bila Anda mampu memaksimalkan kerja otak untuk kegiatan sehari-hari. Sehingga kerja Anda tiap hari akan terselesaikan secara capat dan baik. Untuk itu, sebaiknya Anda menjaga otak Anda agar kerja otak tetap kreatif dan produktif bisa juga semakin kreatif dan produktif.

Karena apabila fungsi dan kerja otak mulai tidak maksimal atau menurun, maka Anda akan menjadi seseorang yang mudah lupa, kurang teliti, dan kurang cermat. Boleh-boleh saja Anda tergantung pada suplemen otak atau vitamin lainnya, tapi apakah selamanya Anda menginginkannya?

Kerja otak yang maksimal tentunya membantu Anda dalam bekerja. Jadi, tugas Anda sebenarnya tak hanya menyelesaikan pekerjaan dengan baik setiap harinya. Anda juga perlu menjaga fungsi dan kerja otak agar tetap kreatif dan produktif di kantor. Pasalnya, fungsi dan kerja otak bisa menurun.
Misalya... Anda menjadi mudah lupa, kurang cermat dan teliti, serta mengalami berbagai gejala yang muncul karena kekurangan suplemen otak. Bicara nutrisi otak, Anda tak perlu bergantung pada obat atau zat kimia.

Fazaw Share akan sedikit sharing mengenai otak ...
Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. (Ref : Wikipedia)
Belum puas dari penjelasan tentang otak ? baca aja sendiri dengan cara seaching di mbah Google atau Wikipedia.... ^_^

Penelitian menunjukkan banyak yang dapat anda lakukan untuk  melatih / mengasah ketajaman otak.

Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4% saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya memanjat tangga, mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, dan bersosialisasi dengan tikus lain.

Nah, otak tikus juga bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makin dilatih dan jangan lupa untuk dijaga, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

"Kalau kita ingin berubah lalu kita berusaha untuk berubah ( ikhtiar ) maka Allah akan merubah kita"

Seiring bertambahnya usia, menjaga kesehatan dan ketajaman otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Seperti tubuh membutuhkan olahraga, otak juga butuh dilatih agar tetap terjaga produktifitasnya.

Berikut cara melatih dan menajamkan otak Anda agar tetap terjaga fungsinya secara maksimal, bahkan bertambah baik produktifitas kerjanya:

1. Olahraga
Seberapa seringkah Anda diingatkan untuk berolahraga? Motivasi, imbauan, obrolan, hingga dorongan untuk berolahraga tentu sangat sering kali Anda dengar. Namun, sudahkah Anda menjalankannya secara teratur?

Cobalah untuk menjadwalkan olahraga secara rutin dalam jadwal Anda. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak.
"Latihan fisik menjadi cara terbaik menjaga fungsi kognitif untuk mengimbangi pertambahan usia Anda," kata Fred H Gage, PhD.
Pernyataan dari seorang profesor yang juga spesialis penyakit Neurodegenerative di Salk Institute, La Jolla, California, ini menjadi salah satu saja referensi tentang pentingnya olahraga.
Penelitian yang dilakukan Gage menunjukkan, berolahraga secara signifikan bisa meningkatkan aliran darah ke hipokampus. Hipokampus adalah bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal. Bagian otak ini menghasilkan sel baru yang membantu meningkatkan dan pertumbuhan mental seseorang.

2. Pekerjaan menantang
Para ahli dari Harvard Medical School menyarankan untuk melakukan pekerjaan yang menantang untuk memaksimalkan kinerja otak setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan pekerjaan menantang setiap hari memiliki otak yang lebih cemerlang dibandingkan orang yang pekerjaannya tetap dan membosankan. Jika pekerjaan Anda tetap dan sedikit membosankan, sebaiknya lakukan hal yang menyenangkan di waktu lain, misalnya melakukan hobi yang menantang atau belajar bahasa asing atau bisa juga refreshing.

Selain itu, peneliti dari University of California juga menunjukkan bahwa gaya hidup dan kesehatan tubuh berpengaruh pada kesehatan otak. Orang yang rajin berolahraga dan tidak merokok berkemungkinan lebih besar memiliki otak yang tajam hingga tua

3. Aktif berkomunikasi
Tak hanya pekerjaan yang menantang yang membuat otak bekerja, berkomunikasi dengan orang lain juga membuat otak semakin aktif. Selain itu, berkomunikasi dengan orang lain juga mengurangi efek stres dan depresi pada otak.

Dr.Gary Small dari UCLA menjelaskan bahwa orang yang mudah bergaul memiliki ketajaman otak yang lebih baik ketika menua dibandingkan dengan orang yang tertutup. Untuk itu, Anda bisa mulai aktif berkomunikasi atau memperluas pergaulan Anda untuk menjaga otak tetap sehat.

4. Berpetualang
Ingin menjadi individu kreatif? Berpetualanglah! Lakukan perjalanan ke berbagai kota atau negara yang belum pernah Anda singgahi. Berbaur dan mempelajari budaya asing atau baru bisa mendorong individu untuk menjadi lebih kreatif dan lebih mudah bergaul. Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang tinggal di luar negeri memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dalam pekerjaan kreatif, seperti menggambar, menulis, dan juga lebih mampu dalam menyelesaikan masalah. 

Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang tinggal di luar negeri memiliki kemampuan jauh lebih baik dari mereka yang tinggal di dalam negeri sebagai pekerjaan kreatif, seperti menggambar, menulis, dan juga lebih mampu dalam menyelesaikan masalah.
"Mereka dituntut untuk selalu belajar dari berbagai hal yang sederhana," kata penulis penelitian tersebut, William W Maddux, PhD, yang juga asisten profesor perilaku organisasi di sekolah bisnis di Fountainbleu, Prancis.
"Kemampuan melihat sesuatu dari berbagai sisi dan perspektif berbeda, mendorong kita untuk meningkatkan kreativitas," kata Maddux.
Bertualang tak harus dengan menetap di negeri orang. Belajar bahasa asing dan menjadi pakar kuliner negeri orang juga bisa menjadi pilihan lain untuk mengembangkan diri selain itu juga kita bisa memanfaatkan ekstrakulikuler yang disediakan sekolah/fakultas.

5. Tiru cara makan orang Yunani
Tak hanya itu, Cara Mempertajam Memori Otak juga bisa dengan menjaga nutrisi dan pola makan Anda seperti orang Yunani.

Orang Yunani sejak lama menerapkan pola makan ala Mediteranian. Wajar saja jika banyak ahli filsafat dengan kecerdasan tinggi lahir di negeri Yunani.Menjalani diet Mediteranian artinya Anda mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah besar, lemak baik seperti minyak zaitun, serta mengurangi konsumsi garam dan daging merah.

Penelitian lain menyebutkan. Mereka yang menjalani diet Mediteranian mengurangi dan mencegah resiko penyakit Alzheimer, dengan tingkat resiko 40% lebih rendah. Demikian disebutkan dalam laporan penelitian dari Universitas Columbia.

6. Menjaga lemak dalam tubuh
Apa kaitannya indeks massa tubuh (body mass index) dengan kinerja otak? Rasanya aneh, bahkan terkesan menghubung-hubungkan saja. Namun, sebuah studi menunjukkan keterkaitan antara lemak tubuh yang menimbulkan risiko penurunan daya ingat bagi perempuan, yang pada akhirnya menurunkan produktivitas kerja. 
"Lemak melepaskan sitokin (molekul yang membantu memicu respons sistem kekebalan tubuh). Zat ini memproduksi hormon yang membahayakan sel-sel saraf," papar penulis studi, Diana R Kerwin, MD, asisten profesor di Northwestern University Feinberg School of Medicine.
Selanjutnya, Kerwin menyarankan
Perempuan perlu menjaga BMI pada level 20-24. 
Jadi, pastikan BMI Anda ideal. Artinya, menjaga lemak tubuh tetap normal dan menghindari obesitas. Seseorang dikatakan obesitas jika memiliki nilai BMI di atas 30.

7. Tidur yang cukup
Tubuh Anda membutuhkan pasokan energi yang cukup untuk bisa tampil produktif. Untuk memastikan pasokan energi melimpah, tidurlah 7-8 jam setiap harinya.

Jangan memaksakan diri bekerja tanpa istirahat yang cukup. Karena jika pada saatnya Anda tidur namun Anda belum tertidur, maka esok harinya Anda akan kehilangan kekonsentrasian / fokus, rasa malas yang sangat mengunci kita untuk melakukan aktivitas dan sulit berpikir rasional.

8. Melakukan hal-hal yang menyenangkan
Lakukan hal baru yang menantang untuk meningkatkan kemampuan Anda. Seperti hobi, misalnya memanjat, airsoft gun atau hal baru lainnya yang menyenangkan. Kebiasaan baru dan menyenangkan ini bisa menciptakan jalur saraf baru ke otak. Dengan begitu, pikiran Anda tetap tajam setiap waktu. Kuncinya, pilih aktivitas atau hobi baru yang menyenangkan. Jangan melakukan hobi baru yang hanya akan membuat Anda tertekan.
"Semakin Anda menikmati sebuah aktivitas, Anda akan terpacu untuk terus menjalaninya," jelas Yaakov Stern, PhD, profesor neuropsikologi klinis di Columbia University.

9. Batasi dan taklukkanlah pekerjaan Anda
Multitasking sudah menjadi deskripsi kerja yang bisa dialami siapa saja sekarang ini. Namun, meski sukses mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, hasilnya cenderung tak akan maksimal. Kualitas kerja bisa menurun jika Anda melakukan berbagai hal yang tak ada kaitannya dengan pekerjaan dalam satu waktu.
"Prefrontal cortec, daerah penting untuk pengolahan informasi, secara optimal dirancang untuk melakukan satu hal pada suatu waktu," jelas Adam Gazzaley, MD, direktur Neuroscience Imaging Center, Universitas California, San Francisco.
Dr.Gazzaley menyarankan, jika pekerjaan Anda menuntut performa dan konsentrasi tinggi, maka singkirkanlah hal lain yang menganggu. Caranya, matikan situs jejaring sosial, e-mail, atau matikan ponsel (tentunya jika pekerjaan Anda tak ada kaitannya dengan fungsi berbagai alat ini). Segera setelah Anda menyelesaikan pekerjaan dengan sukses, bolehlah Anda mengupdate status Facebook & Twitter atau melakukan hal lain yang tak terkait pekerjaan.

Selain cara di atas, masih banyak cara untuk menjaga dan Mempertajam Memori Otak, misalnya :


1. Makan blueberry
Robert Krikorian, PhD profesor psikiatri dan ahli saraf di Universitas Cincinanati, mengatakan blueberry memiliki senyawa yang disebut "anthocyanin" yang membantu komunikasi antara sel otak dan tumbuh untuk meningkatkan ingatan.

2. Makan Seledri
Memakan seledri dapat Meningkatkan Ketajaman Otak. Setelah Anda membaca artikel ini tanpa melewati satu katapun kita pasti setuju jika semakin bertambahnya usia, maka daya memori otak seseorang akan semakin menurun. Sekarang, agar Anda bisa tetap meningkatkan ketajaman otak, konsumsilah seledri yang biasanya digunakan sebagai penyedap rasa atau hiasan hidangan.

Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa "luteolin" yang ditemukan pada sayuran tersebut efektif memperlambat penurunan kognitif pada tikus tua. Dalam penelitian itu, tikus yang diberi makanan yang diperkaya luteolin, ternyata memiliki otak yang berfungsi sama dengan tikus-tikus yang lebih muda

Luteolin, mirip dengan "quercetin", adalah sebuah flavonoid, yang bisa melawan proses penuaan pada semua sel tubuh kita, dan berhubungan dengan rendahnya risiko kanker dan penyakit jantung. Di otak, flavonoid melindungi sel dari proses penuaan dengan mengurangi peradangan. Luteolin juga ditemukan pada kebanyakan daun-daunan lainnya, seperti peterseli, daun teh chamomile, rosemary, oregano atau yang terkenal dengan nama olive oil, wortel dan peppermint.

Dari sayuran yang tumbuh di dataran rendah dan tinggi ini ternyata juga mampu melawan sel kanker, karena adanya kandungan apigenin. Mengonsumsi jus seledri juga efektif meredakan sakit kepala atau migrain.

Eh... Lupa
Ada cara terbaik selain cara-cara diatas, dengan membaca Al-Qur'an pun otak kita langsung terlatih dan terjaga ! Pengen bukti ? Silahkan baca : "Keuntungan Dan Manfaat Membaca Al-Qur'an"

Demikian artikel yang FS sharing tentang Cara Mempertajam Memori Otak atau bisa juga Cara Meningkatkan Ketajaman Otak.

Setelah membaca artikel ini "Cara Mempertajam Memori Otak" semoga hari-hari Anda ke depan semakin kreatif dan produktif. Semangat!

"My Life My Adventure"
Semoga artikel/ postingan ini bermanfaat bagi kita semua ! :D