PENTING! Tentukanlah Tujuan Hidup

Tentukanlah Tujuan Hidupmu

PENTING! Tentukanlah Tujuan Hidup - Sebagai seorang muslim, mentaati segala aturan-aturan agama, meneladani kehidupan Rasulullah SAW, merupakan sebuah kewajiban. Islam telah mengatur bagaimana seharusnya kita hidup, baik dalam hal individu, maupun dalam kehidupan social bermasyarakat. Jika segala aturan itu dilakukan oleh seluruh umat islam dengan benar, maka kesuksesan hidup, baik urusan dunia ataupun akhirat akan mudah diraih. Kesuksesan didunia antara lain dalam kehidupan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, tidak adanya kesenjangan sosial, minimnya angka kekerasan, dan lain-lain. Tapi pada kenyataannya sekarang, kesenjangan social masih sering sobat jumpai dimana-mana kan? sulitnya mencari lapangan pekerjaan, yang pada akhirnya dapat memicu berbagai tindakan criminal di masyarakat.

Ilustrasi

Ilustrasi (Alice Wonderland)

Alice: Bisa tolong beri tahu aku??? Jalan mana yang harus aku ambil dari sini?
Kucing: Tergantung... Kamu maunya kemana???
Alice: Ummm... kemana aja juga boleh. :)
Kucing: Nah, kalau begitu, jalan mana pun yang kamu pilih itu sama saja!!!

 (diambil dari kisah :"Alice in Wonderland"


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
 
Assalamualaikum, selamat menikmati hidup kalian sahabat FS !

Saya disini hanya sekedar posting/sharing (berbagi) untuk belajar dan menambah wawasan. Dan saya bukanlah ahli dalam bidang ini dan sekali lagi saya hanya sekedar berbagi/ sharing sekalian belajar bareng-bareng. ^_^

Kali ini saya akan sharing/ memposting mengenai Menentukan Tujuan Hidup
Silahkan liat juga postingan artikel saya sebelumnya : Baca! Makanan Penyebab Kanker

Lansung saja liat/baca artikel Tentukanlah Tujuan Hidup

Menjelang ujian kenaikan kelas, atau bahkan ketika baru aja naik kelas 12, biasanya orang bertanya: "Habis ini mau  dilanjutin kuliah dimana?" Pertanyaan tersebut sepertinya sangat sederhana. Tapi entah mengapa, sulit menjawabnya.

Seperti kisah "Alice In Wonderland" di atas, bila kita tidak tahu tujuan hidup kita, sekarang dan baru tersadar kehidupan yang kita miliki bukanlah kehidupan yang kita jadi tidak terarah. Bisa-bisa kita bangun 10 tahun dari sekarang dan baru tersadar, kehidupan yang kita miliki bukanlah kehidupan yang kita inginkan. Apa kita tahu, hendak jadi apa 5 tahun dari sekarang untuk kedepannya? 10 tahun dari sekarang untuk kedepannya? Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk menentukan tujuan hidupnya.
Jangan bangun 10 tahun dari sekarang dan baru sadar, bukan hidup seperti ini yang ingin kita jalani...

"Memang boleh saja memiliki prestasi menumpuk di banyak bidang tetapi jika kita tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, pasti hidup kita bagaikan layang-layang putus yang tidak jelas hendak kemana arahnya"

Islam bukanlah agama yang hanya mengatur hal-hal yang bersifat "normative", akan tetapi islam juga mengatur bagaimana cara kita dapat sukses dalam hidup. Salah satu hal yang paling penting adalah menentukan tujuan hidup... Hidup diibaratkan seperti menapaki sebuah jalan yang akan menuju pada masing-masing tujuan manusia. Jika tujuan belum jelas? Maka jalan yang kita lalui terkadang tidak jelas. Sering kita jumpai disekeliling kita, orang-orang yang berputus asa dalam menjalani hidup, sehingga adakalanya mengahiri hidup diri sendiri karena berfikir tidak ada jalan keluar lagi untuk menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi. Padahal Allah tidak menjadikan sebuah masalah atau problema kecuali menurut kadar kemampuan hambanya.

Yup bener banget,,, jika kita berbicara mengenai tujuan hidup mungkin akan terdengar sedikit berat bagi sebagian orang. Untuk menyederhanakannya, FS berikan contoh "bekerja" , tujuan kita dalam bekerja akan mempengaruhi sikap dan tindakan kita dalam menjalani pekerjaan itu. Kalau tujuan bekerja kita adalah mencari uang sebanyak-banyaknya maka yang terjadi adalah kecenderungan kita untuk diperbudak oleh uang, kita akan mati-matian bekerja sekuat tenaga, cara apapun akan dilakukan dalam bekerja asalkan mendapatkan uang yang banyak. Hal inilah yang mencerminkan apa yang terjadi dalam kanca dunia perpolitikan di Negara kita tercinta yaitu Indonesia. Dimana politik dijadikan “lahan” bisnis oleh sebagian orang yang berkedok janji-janji manis untuk menyejahterakan rakyat (Bulsh*t). Namun jika sebaliknya jika bekerja dengan tujuan melayani dan membantu orang lain maka yang akan kita dapat lebih dari sekedar uang, tapi adalah penghargaan orang lain kepada kita, serta kepuasan hati kita karena dapat membantu orang lain, terlebih-lebih membantu orang lain hingga tercapai cita-cita dan harapannya dalam hidup, sebagai contoh dengan menyediakan lapangan pekerjaan. Banyak sekali orang-orang yang dapat kita jadikan contoh, orang-orang yang disamping kesuksesannya juga dapat menjadikan orang lain meraih kesuksesan, itulah arti sukses yang sebenarnya. Bukan hanya dalam hal dunia, tetapi juga dapat memberikan kemanfaatan dalam urusan agama.

Manfaat Tujuan Akhir

Manfaat Tujuan Akhir

Hasil survey menunjukkan, bahwa banyak kegagalan terjadi karna hal-hal berikut ini:
  1.     Tidak semua orang mengetahui tujuan hidupnya.
  2.     Tidak semua orang mengetahui yang harus dikerjakan dalam mencapai tujuan hidupnya.
  3.     Tidak semua orang mempunyai ukuran keberhasilan.

Oleh karena itu, milikilah tujuan hidupmu. Dengan mengetahui tujuan hidup, manfaat yang bisa sobat FS ambil adalah berikut:

1. Membantu mengambil keputusan
Tanpa tujuan akhir, kita cenderung mengikuti arus/menurut saja pada orang lain, meski sebenarnya kita tidak menyukai pilihan mereka. Padahal jalan yang sekarang kita pilih akan berpengaruh besar dalam hidup.

"Jangan menjadi sampah yang mengikuti arus sungai"

2. Menguatkan motivasi
Jalan hidup apapun yang kita pilih pasti memerlukan pengorbanan. Sesempurna apapun suatu kondisi, pastilah ada enak dan tidak enaknya. Memiliki tujuan akhir dapat membantu kita melewati berbagai kondisi sulit dan merasa yakin dapat mencapai tujuan apa yang benar-benar diinginkan.

"Ibaratkan sebuah meja berkaki empat, salah satu kakinya patah"

Cara Menentukan Tujuan Akhir

Success or Failure

Giamana caranya...??? Cukup sederhana, yaitu dengan merenung. Merenung, carilah tempat di mana kita bisa sendirian tanpa terganggu, jauh dari tumpukan buku dan tugas, dari game komputer dan canda teman-teman. Ajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri, ke lubuk hati anda yang paling dalam. Seperti dibawah ini:
  • Potensi apa sajakah yang saya miliki?
  • Apa yang akan membuat saya benar-benar bahagia? (bahagia yang abadi, bukan sesaat )
  • Apa yang tidak saya inginkan dalam hidup?
  • Prinsip apa sajakah yang sangat mendasar bagi saya?
  • Saya ingin menjadi orang seperti apa?
  • Apa yang harus saya lakukan di duinia ini?
Jika pertanyaan-pertanyaan mendasar ini bisa dijawab, maka Anda telah memiliki modal yang cukup untuk membuat Visi.

Mengejar Tujuan Akhir

Kejarlah Tujuan Akhirmu

Setelah memiliki beberapa pernyataan visi, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mewujudkannya?

Tentunya kita tidak ingin sekedar memiliki kata-kata inspirasi sebagai semboyan bukan?


"Talk less do more"

Untuk mencapai visi Anda, lakukanlah hal-hal berikut:
1. Hitung pengorbanan
Misalnya sobat FS ingin fasih berbahasa Arab, maka pengorbanannya sobat harus mengikuti les 4 kali dalam seminggu. Tanyakanlah pada diri apakah kita bersedia melakukan pengorbanan tersebut???

2. Tuliskan
Tuliskan secara spesifik langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untik mencapai visi tersebut. Jika sobat FS tidak menuliskannya maka kemungkinan besar sobat akan melupakannya begitu saja. Kalau perlu sobat harus membuat tulisan dan menempelkannya di setiap sudut kamar kita sehingga kita akan selalu teringat akan hal-hal yang harus dilakukan.

3. Laksanakan...!!!
Rencana sebagus apapun akan sia-sia bila tidak dilaksanakan. Betul tidak? Lakukanlah langkah-langkah jangka pendek yang telah sobat tulis sebelumnya. "Jangan terlalu banyak memanjakan diri."

4. Evaluasi
Evaluasi secara berkala, kajilah pelaksanaan langkah-langkah yang kita lakukan. Apakah perkembangannya sudah sesuai yang diharapkan? Apakah masih realistis? Apakah minat sobat sudah berkurang?

5. Masuk Pada Lingkungan Kondusif (Mendungkung)
Kita akan menjadi lebih kuat jika kita berada di linkungan yang kondusif/mendukung untuk meraih cita-cita. Misalnya visi jangka pendek kita adalah meraih nilai 9, maka kita akan lebih mudah mencapainya jika kita berada dilingkungan orang yang menginginkan hal yang sama, tapi jangan "nyontek" :) .
Memiliki tujuan akhir dapat membantu sobat melwati berbagai kondisi sulit untuk mencapat tujuan sobat, karena merasa yakin terhadap pengorbanan itu pantas dilakukan!

  • Jangan sampai melupakan aspek sosial lain dan refresh, supaya tidak terkesan ambisius dan menghalalkan segala cara
  • Kejar cita-cita selagi muda, jangan buang-buang waktu buat hal yang tidak penting dan tidak bermanfaat
  • Kuatkanlah diri sobat, baik dalam segi mental/fisik, jasmani/rohani, karena akan banyak rintangan dan halangan untuk mencapai tujuan hidup kita itu
  • Jangan sepelekan cita-cita, karena cita-cita membuat kita terus berusaha mencapai tujuan yang kita inginkan
  • Memang semua yang kita harapkan tidak bisa didapat, tapi kalau kita berusaha pasti harapan tersebut tercapai
  • Konsisten ya :)
  • Percaya!
  • Yakin!
  • Kalau sobat berhasil mencapai tujuan hidup yang diinginkan, hidup sobat pasti akan lebih indah (Ralat, lebih indah dikali dengan jutaan ^_^)
  • Jangan salahkan kata "Nasib", toh kitalah yang seharusnya disalahkan, karena telah memilih pilihan yang salah!
  • Tujuan hidup di dunia itu bukan kehidupan yang kekal dan abadi tapi yang kekal dan abadi itu di akhirat sob, jadi banyak-banyaklah berbuat kebaikan
  • Penyesalan datangnya belakangan!
Ya Allah, Jadikan lah Kami yang Membaca Postingan/Artikel ini menjadi Manusia yang mempunyai Penuh rasa ingin belajar dan ingin berbagi dan penuh rasa maklum yang semakin meluas pada sesama. Dan Jadikan Kami Termasuk Golongan Orang-orang Yang Bersyukur Dengan apa yang Telah Engkau Berikan Dalam Hidup. Klik 'Like/Tweet/Google+/InShare' Komentar dengan saling mendoakan dengan Ikhlas. Semoga ALLAH SWT meridhoi Kita Semua... Semoga Pahala Bersama Sahabat Sekalian.

oh ya,,, FS lupa nih, manurut FS jangan terpaku terhadap kalimat ini
"muda kerja keras tua nikmatin hidup"

Sekarang sobat memiliki dua pilihan,
1. Membiarkan sedikit pengetahuan hanya dibaca disini dan untuk diri Anda sendiri
2. Membagikan pengetahuan ini kesemua teman facebookmu/twitter/google+/InShare, insyaallah bermanfaat dan akan menjadi kebaikan bagimu

Semoga artikel/ postingan PENTING! Tentukanlah Tujuan Hidup ini bermanfaat bagi kita semua ! :)

Sumber: http://fazaw.blogspot.com/ | http://www.kaskus.co.id/thread/51d054ad48ba54ef20000006